• chemical cooling tower
kimia cooling tower_wahantirtachemindo.com

BAHAN KIMIA COOLING TOWER

Bahan kimia cooling tower adalah bahan kimia yang digunakan dalam proses pengolahan air sirkulasi cooling tower untuk mencegah atau mengurangi dampak negatif akan timbulnya masalah masalah seperti; 

  • Pertumbuhan Biofouling
  • Proses Korosi.
  • Terbentuknya deposit kerak. 

Masalah-masalah tersebut akan berdampak pada menurunan efisiensi dan performa unit cooling tower yang imbasnya akan terjadi pembengkaan biaya operasional dan biaya penggantian unit baru yang mahal.

Untuk perawatan harian, disamping menjaga kebersihan, pemakaian  bahan kimia cooling tower  sangat dibutuhkan untuk mencegah  timbulnya masalah-masalah tersebut diatas.

Jenis-jenis Chemical Cooling tower :

  1. Scale & Corrosion Inhibitor, berfungsi untuk mencegah atau menghambat pertumbuhan scale/kerak dan korosi. Pertumbuhan kerak dipicu oleh kualitas air sirkulasi yang banyak mengandung mineral terlarut, seperti kalsium karbonat, magnesium karbonat,  sedangkan proses korosi dipicu oleh kondisi pH air yang rendah(cenderung asam) dan pertumbuhan pengotor biofouling)
  2. Biocides/Algaecides, berfungsi untuk mencegah pertumbuhan lumut, ganggang dan organisme lain. Pertumbuhan lumut, gangang harus dicegah karena  membentuk lendir dan  pengotor biofoulang yang dapat mengakibatkan korosi
  3. Microbiological Control, berfungsi sebagai pengontrol pertumbuhan bakteri, jamur maupun mikroorganisme patogen lain. Pertumbuhan bakteri, jamur harus dicegah karena berefek negatif bagi kesehatan seperti bakteri flagionella sp, yang dapat menimbulkan bahaya penyakit pernafasan yang fatal, jika terhirup masuk ke dalam paru-paru.

Chemical cooling tower

Tinggalkan komentar

WhatsApp chat